TRIOMINO PERKALIAN

ALAT PERAGA

TRIMIKAL (TRIOMINO PERKALIAN)

Pada awalnya Triomino merupakan suatu permainan berbentuk segitiga samasisi, dengan kombinasi angka pada ketiga sudutnya, dan tujuan permainan adalah mendapatkan poin triomino sebanyak-banyaknya.

e10

Akan tetapi pada kali ini yang saya akan membuat alat peraga  yang bernama TRIMIKAL (TRIOMINO PERKALIAN) yaitu suatu konsep yang diambil dari permainan TRIOMINO dengan kombinasi soal perkalian tingkat SD.

e11

TUJUAN PEMBUATAN ALAT:

Tujuan pembuatan alat peraga ini adalah diharapkan para siswa dapat menghitung perkalian dengan cepat tanpa merasakan kejenuhan.

ALAT DAN BAHAN YANG DIGUNAKA

1. TRIPLEK

2. 3 CAT

3. KUAS

4. CUTTER

5. METERAN

6. LEM AIBON

7. HAK ANGIN

8. 3 PEREKAT

9. spidol

10. 1 PASANG ENGSEL

CARA PEMBUATAN :

  1. Potong triplek  membentuk segitiga sama sisi ukuran besar, 60 cm tiap sisinya.
  2. Amplas triplek tersebut hingga halus
  3. Potong triplek membentuk segitiga sama sisi ukuran kecil, 14 cm tiap sisinya. Dibuat sebanyak 16 buah segitiga ukuran kecil, 14 cm
  4. Amplas triplek hingga halus
  5. Pada segitiga besar pinggiran segitiga gunakan kayu ukuran 60 cm tiap sisinya sebagai penyokong supaya alat tersebut dapat berdiri.
  6. Kemudian cat segitiga besar dan segitiga kecilnya, tunggu hingga kering
  7. Pada segitiga besar berikan perekat, tetapi sebelumnya bagian atas perekat berikan lem aibon terlebih dahulu agar dapat menempel pada kayu tersebut.
  8. Untuk segitiga yang kecil jika cat sudah kering dengan 3 warna yang berbeda kita tulis soal-soal ataupun jawaban yang sudah kita pikirkan dan kita buat.
  9. Setelah selesai susun kembali 16 buah segitiga kecil kedalam segitiga besar agar membentuk suatu segitiga besar. Tahap terahir adalah membuat tempat penyimpanan segitiga kecil dengan menggunakan papan dan kayu lalu dicat dengan warna merah setelah kering barulahpasang engsel dan mur serta pengganjal (supaya alat tersebut dapat didirikan)
  10. Selesai lah pembuatan TRIMIKAL (TRIOMINO PERKALIAN) alat tersebut siap untuk kita mainkan.

 

CARA MEMAINKAN :

  1. Permainan ini dapat dilakukan oleh 2 orang, dan 4 orang karena kartu/segitiga yang kecil berjumlah 16 buah. Misalkan yang bermain 2 orang kita bagikan 2 orang dengan kartu/ segitiga kecil tersebut secara acak. Dan 1 orang lagi untuk memimpin permainan / mengecek kunci jawaban.
  2. Sebelum bagikan kartu/segitiga kecil kita tentukan dahulu siapa yang jalan terlebih dahulu dengan cara suit dll.
  3. Kepada yang jalan terdahulu kita bagikan 8 buah segitiga kecil dan yang kalah 7 buah segitiga kecil. Tentukan waktu permainan paling lama 5 menit !
  4. Kita berikan acuan terlebih dahulu yaitu bagian atas sekali dari segitiga besar yang besar agarsoal dan  jawaban dari susunan dari 16 buah segitiga kecil tersebut agar sesuai.
  5. Setelah itu barulah orang pertama yang menang jalan terlebih dahulu dengan cara menyocokan jawaban dan soal dimulai dari titik acuan yang sudah ditentukan.
  6. Apabila jawaban /soal tidak ada dalam salah satu peserta digantikan kepada peserta yang mempunyai jawaban dan soal tersebut.
  7. Setelah permainan selesai hingga membentuk segitiga besar penentuan yang menang dan yang kalah adalah peserta yang habis terlebih dahulu kartu segitiga  kecilnya  sebelum waktu yang ditentukan. Sedangkan yang belum habis atau belakangan menyusun kartu segitiga kecil tersebut dianggap kalah sebelum waktu yang ditentukan.

 

KELEBIHAN ALAT INI :

Dari segi bahan yang digunakan dengan menggunakan triplek yang lebih tahan lama dibandingkan TRIOMINO sebenarnya dengan menggunakan kertas atau bahan lunak lainnya serta permainan ini pula bisa dilakukan dengan cara TRIOMINO didirikan ataupun dengan cara datar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s